Program Scientific Vision: developing innovative architectural science based on local wisdom in West Kalimantan to become an architectural information center supported by Technology, Information, and Communication (ICT)

FGD Persiapan Pembentukan Program Profesi Arsitek

Dalam rangka mempersiapkan Program Profesi Arsitek (PPAr) di Fakultas Teknik Universitas Tanjungpura, Jurusan Arsitektur mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Pembentukan PPAr pada tanggal 3 Agustus 2021. Pada kegiatan ini, diundang dua Narasumber yaitu dari perwakilan Asosiasi Pendidikan Arsitektur Indonesia (APTARI), Dr. Rony Gunawan Sunaryo, ST, MT, IAI dan salah satu perwakilan dari Perguruan Tinggi yang telah melaksanakan PPAr, yaitu Universitas Islam Indonesia yang diwakili oleh Ir. Ahmad Saifudin Muttaqi, MT, IAI, AA.

Pelaksanaan kegiatan FGD ini dihadiri oleh Pimpinan Fakultas Teknik, para Dosen di lingkungan jurusan Arsitektur, Ketua LP3M, Kepala LPPM, Ketua SPI, serta kolega dari APTARI serta para Arsitek. Kegiatan dibuka dengan pengantar dari Dekan Fakultas Teknik, Dr. rer.nat. Ir. R.M. Rustamaji, M.T., IPU, serta dilanjutkan oleh Ketua APTARI, Dr. Yulianto Purwono Prihatmaji, S.T., M.T., IPM., IAI.

Dari hasil FGD didapati bagaimana cara, prosedur, dan pertimbangan-pertimbangan yang perlu dilakukan oleh Institusi calon penyelenggara program. Selain itu, ke-khasan wilayah serta visi yang hendak dikembangkan dalam pembentukan program perlu ditinjau untuk memberikan arah kurikulum yang sesuai untuk lulusan yang kompeten dan dapat bersaing baik secara nasional maupun internasional. Selanjutnya, Jurusan Arsitektur akan segera menyusun borang pembukaan program studi profesi Arsitek.